Pages

Thursday 17 April 2014

RESENSI BUKU KEDOKTERAN

Judul                           :    Terapi Kesehatan Warisan Kedokteran Islam Klasik

Halaman                      :    172 hlm

Penerbit                       :    Najah

Tahun Terbit                :    2012

Harga Buku                 :    Rp 31.500

Cetakan                       :   PERTAMA

Ukuran                        :    Panjang      : 20 cm
    Lebar         : 14 cm

Penulis                          :   M. Sanusi

Jumlah BAB                 :    IV (empat)

Isi
Jauh  sebelum  bangsa  Eropa  menemukan  obat  bius,  umat  islam telah mengembangkannya dalam praktik-praktik kedokteran saat itu. Jauh sebelum negara Barat menmukan alat bedah dan instrumen untuk operasi, para dokter Islam telah membuat berbagai alat bedah yang kompleks dan sangat maju. Bahkan, beberapa terapi kesehatan yang sedang marak pada zaman modern ini merupakan hasil pengembangan dari terapi kesehatan kedokteran Islam Klasik.
Ilmu kedokteran adalah salah satu cabang keilmuan yang setiap tahap pencapaiannya selalu di catat, di abadikan, dan di dokumentasikan, untuk kemudian di wariskan dari satu generasi ke generasi lain. Salah satu tokoh dokter muslim paling tersohor dalam sejarah yaitu Ibnu Sina. Ibnu Sina yang memiliki nama panjang Abu Ali al-Husayn bin Abdullah bin Sina, karena pengetahuannya yang amat mendalam terhadap masalah kesehatan, psikologi, metematika, bahkan filsafat dan sastra. Ia di kenal sebagai bapak kedokteran di bidang kesehatan.
Kelebihan Buku
Buku  ini  memperkenalkan  khazanah  warisan  kedokteran  Islam Klasik yang sangat berharga tanpa bermaksud membandingkan antara satu karya dengan karya monumental lain di masa silam. Buku ini hanya akan memberi gambaran singkat tentang prestasi dan kemajuan yang telah dan pernah di capai umat Islam terhadulu.
Kekurangan buku
Buku ini belum disertai dengan gambar serta penjelasan penemuan seorang tokoh di bidang kedokteran tidak di bahas.

0 comments:

Post a Comment